Hubungi Kami
Get 10% extra OFF on Porto Summer Sale - Use PORTOSUMMER coupon - Shop Now!

PAMERAN VIRTUAL SR 83

Salam sehat, salam seni rupa

Beberapa kawan seangkatan, SR-83, bersepakat membuat pameran yang melibatkan kawan-kawan lainnya. Terkumpul 23 orang dengan berbagai latar belakang profesi dalam lingkup seni rupa dan desain. Tajuk yang mereka pilih: Art Love You. Sepintas salah secara gramatikal, namun art atau seni rupa sesungguhnya selalu plural, sebagaimana pameran ini yang menyajikan campuran gagasan, medium, teknik, dan makna. Namun, sebuah pameran bersama juga diikat oleh kesatuan tujuan. Art Love You sebagai tajuk agaknya dapat menjadi tengaranya.

Setahun sudah umat manusia mengalami dampak pandemi Covid-19, dan sangat memengaruhi hampir seluruh sendi kehidupan. Paling terasa adalah aspek sosial-ekonomi. Segala sesuatunya menjadi lebih sulit. Dalam situasi seperti itu,kepedulian, kesetiakawanan, dan kecintaan menjadi semakin
dibutuhkan. Tajuk Art Love You menjadi metafor bahwa seni dapat menjadi wahana ungkapan kepedulian dalam situasi prihatin. Sejatinya berkesenian adalah ungkapan rasa kehalusan, kasih, dan kreativitas. Karya seni memberikan jalan untuk mengungkapkan kesenangan dan kegundahan perupanya dan memberikan asupan keindahan dan perenungan bagi pemirsanya. Bahwa rasa kasih dan kepedulian juga kadang terungkap dalam bentuk kritik menjadikan seni dalam konteks seni rupa kontemporer menjadi hal yang menantang dan kontributif sebagai refleksi kritis atas segala kekurangan kita sebagai manusia.

Setahun sudah kawan-kawan SR 83 kesulitan berkumpul, masing-masing juga merasakan dampak pandemi, ingin melepas rindu dan memberikan sekeping sumbangsih melalui kegiatan bersama dan tersajilah pameran on-line dengan tajuk Art Love You ini.

Jika disebut SR-83, persona yang dipayunginya meliputi berbagai keprofesian di bawah payung seni rupa dan desain, yaitu seniman (pelukis, pekeramik, pematung, pegrafis) dan desain (desainer komunikasi visual, desainer/kriyawan tekstil, desainer interior, dan desainer produk). Dalam pameran ini pesertanya sebagian besar berlatar belakang desain, namun memilih untuk menyajikan karya seni seperti lukisan, drawing, tekstil, dan digital print. Beberapa di antara mereka, walau berlatar belakang desainer, memang sudah biasa berkarya seni . Beberapa desainer dalam pameran ini tetap menampilkan karya desain, dengan kekuatan identitas personal. Seni rupa dan desain diikat oleh beberapa komponen dasar yang sama, di antaranya estetika dan kreativitas. Bedanya, seni untuk ungkapan personal, sedangkan desain memiliki fungsi/utility.

Semoga Pameran Art Love You ini disambut dan diapresiasi dengam baik, tidak hanya oleh kawan-kawan G-83, namun juga oleh siapa pun pihak yang percaya bahwa seni adalah wahana bagi rasa kebaikan, kecintaan, dan kepedulian. Karena seni adalah juga “kawan” yang dapat menyertai perupa dan apresiatornya untuk dapat melewati masa-masa sulit. Selamat berpameran kepada kawan-kawan SR-83. Semoga berlanjut pada pameran berikutnya dan kegiatan lainnya.

 

Asmudjo J. Irianto
Kurator

“Turut berperan serta membangun solidaritas, mengisi ruang jenuh dengan kreativitas”

PAMERAN VIRTUAL SR 83

Salam sehat, salam seni rupa

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan yang Maha Pengasih dan Penyayang atas kesehatan dan anugerah kreativitas. Semoga kita mampu menjadi penyintas pandemic corona dan terus berkarya.

IASR 83 siap menyelenggarakan pameran karya secara virtual yang akan dimulai sejak 1 Maret 2021. Tetap melaksanakan protokol kesehatan, publikasi dan pameran dengan segala aspeknya akan ditampilkan dalam bentuk digital. Namun, karya yang masuk ke dalam katalog adalah asli/sejati
dengan spesifikasi yang terperinci.

Tujuan IASR 83 berpameran adalah tetap berkarya meskipun di rumah, turut berperan serta membangun solidaritas, mengisi ruang jenuh dengan kreativitas. Karya-karya ini kami jual dengan harga yang terjangkau. Pembeli bisa di kalangan G83 atau lintas angkatan, bahkan publik yang lebih luas.

Mari memasuki era Normal Baru. Tetap semangat memberdayakan kesejahteraan teman-temanseangkatan. Terima kasih dan salam hangat.

Salam Kreatif
Kurnia Effendi
Ikatan Seni Rupa ITB’83